MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE

GRATIS !

klik di sini > :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Senin, 18 Desember 2017

Belajar Menulis #8 : [2] Deskripsi (5) Deskripsi Impresionistis

           Semua di atas itu yaitu teori dan contohnya adalah salah satu macam dari 2 macam bentuk Deskripsi yaitu macam Deskripsi Ekspositori.

          Lalu yang satu lagi apa ?

          Satu lagi dinamakan Deskripsi Impresionistis.


Deskripsi Impresionistis

           Deskripsi Impresionistis adalah pemaparan atau penggambaran suatu obyek atau keadaan

dengan urut-urutan menurut kuat-lemahnya kesan (impresi) penulis terhadap bagian-bagian obyek tersebut dalam observasinya.
Terkadang dinamakan juga Deskripsi Stimulatif karena dengan impresi penulisnya  bertujuan untuk menstimulir pembacanya.

          Misalnya, seseorang mendeskripsikan sebuah rumah kosong yang dia sedang masuki , dan bermaksud menonjolkan segi kekotoran yang dia lihat. Maka dia bisa mulai dari bau kotoran tikus yang diciumnya, dan ini paling alamiah untuk segi kotornya dibanding kesan apa yang dilihat dan didengarnya. Kemudian dari apa yang dilihatnya dia akan melanjutkan dari apa yang paling penting dari segi kekotorannya atau dengan kata lain mulai dari paling kotor.
Misalnya, sarang laba-laba dimana-mana, atau debu bertebaran merata seluruh ruang yang sedang dia masuki, lalu kayu kusen yang lapuk di beberapa tempat , lanjut ke pencahayaan ruang, udara yang pengap dan sebagainya.

Urutannya pun tidak musti begitu, bisa juga dari yang paling kurang kotor, berangsur-angsur ke yang paling kotor, diakhiri dengan bau yang diciumnya.


Belajar Menulis #7  Kembali klik                               Selanjutnya klik > Belajar Menulis #9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

7 HARI TERAKHIR TERBANYAK DIBACA