MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE

GRATIS !

klik di sini > :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Selasa, 12 Desember 2017

Belajar Menulis #5 : [2] Deskripsi (2) Deskripsi Ekspositori

         Deskripsi Ekspositori adalah pemaparan atau penggambaran suatu obyek atau keadaan dengan
urutan yang sangat logis.

         Setiap benda, obyek atau keadaan mempunyai logika urut-urutan tersendiri. Jika kita ingin mendeskripsikan suatu rumah misalnya, maka urutan logisnya agaknya pasti dari depan yakni teras depan lalu lanjut terus ke belakang sampai ruang-ruang di belakang seperti dapur dan kamar mandi.

         Seorang manusia misalnya lagi, tentu lebih wajar kalau dipaparkan dari atas (kepala) lalu seterusnya sampai bawah (kaki). Dan, aneh juga jika seorang manusia di gambarkan dari depan ke belakang atau dari kanan ke kiri.

         Nah, tulisan Deskripsi Ekspositori mematuhi urutan logika ini. Deskripsi seperti ini juga terkadang dipahami sebagai Deskripsi berdasarkan pengembangan Ruang atau Spasi (dari kata Space yang berarti Ruang). Pemahaman ini dikarenakan observasinya berdasarkan ruang, yaitu dari satu ruang (sisi) ke ruang (sisi) lainnya.

         Jika kita memaparkan suatu proses, misalnya memperbaiki sepeda motor, maka tidak dapat menggunakan pengembangan ruang. Memperbaiki sepeda motor haruslah memakai tahapan-tahapan pekerjaan yang harus dilakukan. Dan, deskripsi yang diterapkan adalah berdasarkan pengembangan waktu.

         Nah, posting berikutnya akan dihadirkan contoh tulisan Deskripsi Ekspositori, lanjut !


Belajar Menulis #4  Kembali klik                               Selanjutnya klik > Belajar Menulis #6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

7 HARI TERAKHIR TERBANYAK DIBACA