MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE


klik di sini --> :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Kamis, 18 Mei 2017

Belajar Menulis #3 : [2] Deskripsi


Deskripsi

         Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda, tempat, suasana atau keadaan.

          Penulis mengharapkan dengan media tulisannya, pembaca dapat melihat apa yang penulis lihat, dapat mendengar apa yang dia dengar, mencium bau yang diciumnya, mencicipi apa yang penulis makan, merasakan apa yang dia rasakan, dan sampai pada kesimpulan yang sama dengannya.
Dengan kata lain, Deskripsi adalah hasil observasi melalui panca indera yang disampaikan dengan kata-kata.

             Penulis pemula sering menulis sebuah Deskripsi hanya dengan pengamatan indera penglihatan saja. Sehingga penulisannya kurang hidup.
Sedangkan untuk menghasilkan penulisan Deskripsi yang hidup dan menawan, maka hendaknya penulis melakukan pengamatannya dengan tajam dengan semua alat inderanya. Lalu, menuliskannya dengan kata-kata yang tepat atau perbandingan yang tepat.

          Ada berbagai macam cara menuliskan Deskripsi. Perbedaan itu timbul disebabkan dari siapa dan tujuan apa pengamatan tersebut.




Sebagai contoh, peristiwa jual beli suatu rumah antara penjual dan pembeli. Orang yang menjual rumah pastilah memberikan Deskripsi rumah yang dijualnya berbeda dengan Deskripsi rumah itu oleh pembeli. Padahal obyek yang mereka amati sama.
Penjual akan memberi Deskripsi kelebihan-kelebihan dari rumah tersebut karena dia penjual dan mempunyai tujuan menjual rumah itu, agar harganya tinggi.
Pembeli akan memberi Deskripsi dengan mencari kekurangan-kekurangan rumah itu, agar harganya rendah, karena dia pembeli dan tujuannya membeli.
Jika penjual dan pembeli ini pergi kepada seorang ahli bangunan rumah semisal Arsitek atau seorang insinyur Sipil, ahli tersebut tentu memberi Deskripsi yang berbeda pula.

         Setelah ini akan dijelaskan secara global ada dua macam bentuk Deskripsi.



Belajar Menulis #2  Kembali klik                               Selanjutnya klik > Belajar Menulis #4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

paling banyak dikunjungi minggu ini

www.sketsarumah.com