BELAJAR MENULIS
TULISAN yang ENAK DIBACA


DESKRIPSI
NARASI
EKSPOSISI
ARTIKEL


klik di sini --> :

Sabtu, 13 Mei 2017

Belajar Menulis #1 : [1] Materi Umum : (1) Metode Meniru Model Tulisan

Metode Meniru Model Tulisan

          Metode ini, menuntut dilakukan latihan-latihan sesuai dengan tulisan yang diberikan. Tulisan yang dipakai di sini pada umumnya tidaklah ditulis oleh para penulis terkenal, tetapi hanya hasil tulisan para penulis biasa yang diperbaiki di sana-sini, dan oleh karena itu kita namakan saja 'model'. Model-model ini harus dibaca terlebih dahulu, dilihat isinya dan bentuknya, dianalisis serta dibuatkan kerangkanya, serta dilakukan hal-hal lain yang diperlukan, baru sesudah itu tiba waktunya untuk menulis.

          Tentu saja yang ditulis tidak persis sama dengan modelnya : ini namanya menyalin bulat-bulat, menjiplak atau bahkan dinamakan membajak. Tetapi, yang disalin adalah kerangkanya atau idenya atau bahkan juga 'cara' dan 'tekniknya'

          Ada pernyataan bahwa 'menulis itu gampang', mulai saja nanti khan bisa sendiri. Adakalanya pernyataan ini ada benarnya.
Saya punya pengalaman tersendiri tentang suatu ketrampilan yang dengan sendirinya bisa dilakukan. Dahulu, ketika anak saya masih kecil, saya melarangnya untuk menaiki sepeda roda dua, karena saya takut anak saya jatuh dari sepeda roda dua oleh sebab belum trampil. Suatu saat, saya ke taman fasilitas lingkungan pemukiman dimana saya tinggal guna menjemput anak saya yang sedang bermain di sana.
Sungguh, saya sangat terkejut dengan apa yang saya lihat. Anak saya sedang mengendarai sepeda roda dua dengan terampilnya.
Anak saya bisa naik sepeda roda dua tanpa belajar ?
Ternyata setelah saya lacak riwayat bermain anak saya, terbukti bahwa anak saya banyak bermain dengan teman-temannya yang punya sepeda roda dua. Anak saya menghabiskan waktu bermainnya dengan teman-temannya itu. Dia bisa naik sepeda tanpa sengaja, tanpa saya ajari, karena hanya meniru-niru temannya. Dan, itulah latihan-latihan itu tanpa campur tangan teori dan pengajaran dari saya.

          Jadi, menulis itu gampang pun demikian pula halnya, yaitu asalkan orang yang ingin bisa menulis itu rajin melakukan latihan, menirukan tulisan-tulisan yang sudah jadi.

          Tanpa latihan, suruhlah anak yang tidak pernah mencoba naik sepeda untuk langsung naik sepeda roda dua, dan lihat apakah dia bisa naik sepeda roda dua begitu saja ?
Maka dari itu, seorang calon penulis harus banyak latihan sehingga menulis bisa menjadi kebiasaan yang akan memberikan kenikmatan tersendiri.

          Akan tetapi darimana kita mulai ? Mulailah dari yang paling mudah materinya.

          Ayo kita coba, mengapa tidak ?


                                                                                                      Selanjutnya klik > Belajar Menulis #2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

STUDIO : DESAIN RUMAH