MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE


klik di sini --> :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Kamis, 13 April 2017

Menulis dan enak dibaca : [3] Narasi : (2) Konflik, syarat mutlak dalam Narasi Sempurna

Narasi ada yang tidak sempurna. Narasi tak sempurna yaitu narasi tanpa KONFLIK. Contoh narasi tidak sempurna adalah kisah perjalanan yang penekanannya pada penggambaran segala sesuatu yang diamati selama perjalanan tersebut.

Karangan anak-anak juga banyak yang berbentuk narasi dengan judul seperti "Mengunjungi Paman", "Menjenguk Budi di rumah sakit", "Bermain layang-layang", dan sebagainya. Cerita seperti itu jelas tanpa konflik.

Jadi, seperti telah disebutkan di awal bahwa unsur-unsur penting dalam sebuah Narasi Sempurna adalah KEJADIAN, TOKOH, dan KONFLIK. Ketiga unsur ini HARUS ADA, dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Dan itulah ALUR itu. Dan yang menjadi ciri khas Narasi Sempurna adalah unsur KONFLIK yang mutlak harus ada.

Jadi, jika kita mau coba menulis narasi nyata pengalaman kita sendiri, carilah atau ingat-ingat pernahkah kita mengalami KONFLIK dalam perjalanan hidup kita ? Lebih fokus lagi dalam bidang usaha yang kita geluti yakni pernahkah ketika kita menggeluti usaha atau pekerjaan mengalami KONFLIK ?

Dalam hidup seseorang mustahil dia tidak pernah mengalami konflik !

Konflik bisa terjadi antara kita dengan pembeli kita, jika kita berdagang, konflik juga bisa terjadi dengan atasan atau bawahan kita ketika kita sedang bekerja di suatu perusahaan, konflik juga bisa terjadi antara kita dengan klien kita jika usaha kita dibidang jasa, dan sebagainya.

Konflik juga tidak harus terjadi dengan orang lain, tapi bisa terjadi konflik dalam bathin kita, ketika kita memilih partner usaha kita. Bisa juga terjadi antara bathin dan alam, seperti pada contoh "Merapi maletus!", dan sebagainya.

Temukan konflik dalam kehidupan kita, lalu kembangkan dalam bentuk cerita berdasarkan fakta !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

paling banyak dikunjungi minggu ini

www.sketsarumah.com