MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE


klik di sini --> :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Sabtu, 15 April 2017

Menulis dan enak dibaca : [3] Narasi : (7) Dialog dalam Narasi

Yang dimaksud dialog adalah percakapan diantara tokoh-tokoh dalam narasi. Jalan cerita, karakter tokoh, konflik dan sebagainya dapat kita ketahui dalam dialog-dialog ini. Ada narasi yang dialognya sedikit, ada pula yang penuh dialog dan ada pula yang sama sekali tanpa dialog. Adanya dialog adalah sepenuhnya hak penulis.

Namun sebaiknya dalam Narasi hendaknya ada dialog secukupnya. Ada ungkapan-ungkapan perasaan yang lebih tajam rasanya dan lebih dalam maknanya jika diucapkan dalam dialog dibanding dengan jika hanya diceritakan oleh narator saja.  Dan, lagi ingat ! dialog juga membawa misi warna lokal seperti yang telagh kita bahas yang lalu.

Hal yang perlu dicermati oleh penulis juga adalah menjaga kosistensi karakter tokoh-tokoh dalam Narasi. Terkadang masing-masing tokoh menggunakan bahasa yang sama untuk suasana yang sama. Dan perlu diingat juga adalah tokoh-tokoh itu biasa memakai bahasa lisan yang lazim untuk tempat dan waktu berlakunya cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

paling banyak dikunjungi minggu ini

www.sketsarumah.com