MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE


klik di sini --> :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Kamis, 13 April 2017

Menulis dan enak dibaca : [3] Narasi : (4) Latar


Alur dalam suatu narasi tidaklah bisa terjadi di dalam suatu kehampaan. Haruslah ada waktu, dan ada pula tempat kejadian berlangsung. Dengan kata lain, bahwa alur itu mampunyai 'latar waktu' dan 'latar tempat'. Ada pula latar-latar lainnya.

Sering kita membaca cerita yang katanya terjadi di Jakarta, waktunya kira-kira masa kini, tapi kita temukan orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak bertindak tanduk seperti orang Jakarta. Suasananyapun tidak menggambarkan suasana kota Jakarta. Cerita begini dapat dengan mudah diganti lokasinya dengan tempat lain, seperti di Kuala Lumpur, Madinah, atau yang lainnya. Dan, waktunyapun bisa diganti menjadi masa sebelum kemerdekaan Indonesia, atau zaman Reformasi tanpa banyak mengubah jalan cerita.

Ada yang salah dalam cerita tersebut. Latarnya tidak jelas atau tidak tajam.

Disamping kita harus menyajikan latar tempat dan waktu yang tajam, kita masih harus menyajikan latar-latar lain yang membenarkan dan memberi kesaksian bahwa memang disanalah kejadian itu.

Tidak cukup dengan menyebut-nyebut 'Jakarta' saja lantas kisah itu 'terasa' seperti di Jakarta. Untuk itu kita butuh latar sosial, latar budaya, latar ekonomi, latar politik yang sedang berlangsung dan latar-latar lainnya.

Ini semua harus jelas dan tajam, begitu tajamnya sampai-sampai cerita tersebut tidak bisa dipindah lokasinya dan waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

paling banyak dikunjungi minggu ini

www.sketsarumah.com