MENULIS ENAK, ENAK DIBACA


DESKRIPSI, NARASI, EKSPOSISI, ARTIKEL, FEATURE


klik di sini --> :
Jika ada kisah pada blog ini, itu adalah kisah nyata dan bukan fiksi semata. Namun, nama-nama tokoh yang ada di dalamnya adalah nama samaran. Sekedar untuk menjaga privasi tokoh-tokoh tersebut.

Rabu, 28 November 2012

Iridology

          Iridology adalah ilmu yang mempelajari dan menafsirkan berbagai pola pada iris mata, sebagai indikator berbagai karakteristik individu, terutama menyangkut kesehatan fisik dan kejiwaan. Dari hasil diagnosa tersebut, selanjutnya terapis Iridology akan mengusulkan perbaikan pola makan, program olahraga, maupun jenis terapi komplementer yang lain untuk memperbaiki kondisi pasiennya.

           Iridologi, atau juga disebut diagnosa iris, atau iridiagnosis, memiliki asal-usul yang informal. Manusia memiliki kebiasaan untuk mengamati mata sesamanya dalam upaya mereka mengira-ngira perasaan lawan bicaranya, maupun kondisi fikiran dan fisik mereka. Ilmu refleks syaraf mata (neuro-optik) sendiri telah digunakan sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu oleh para penyembuh Chaldean, China, Jepang, dan India kuno. Hippocrates juga pernah menyinggung Iridology dalam tulisan-tulisannya. Buku pengobatan Chiromatica Medica dari abad ke - 17 menyatakan kondisi jantung dan limpa bisa ditafsirkan dari iris mata kiri, sedang kondisi hati (liver) dari iris mata kanan.

          Penelitian yang mendalam mengenai Iridology dilakukan oleh Dr. Ignatz von Peczely, seorang ahli fisika Hungaria yang hidup pada tahun 1822 -1911. Ia yang pertama menggunakan kartu Iridology modern, yang kemudian disempurnakan oleh ahli kedokteran lain. Pada akhir abad ke 19, Dr Henry Lahn memperkenalkan praktek Iridology ke Amerika Serikat. Sedang Bernard Jensen seorang ahli Naturopati dan Kairopraktik mendirikan pusat riset di Amerika yang memiliki bank mata. Di tempat itulah, iris mata dari para penderita penyakit jantung dan ginjal diteliti.


Cara Kerja Iridology

          Praktisi Iridology mempelajari iris mata, untuk memperoleh indikasi kelemahan genetik dan fungsional tubuh pasiennya.

          Serat, perubahan warna, dan tanda atau goresan yang abnormal pada iris mata, memberi indikasi keadaan jaringa tubuh dan pola perilaku psiko-emosional seseorang. Ahli Iridology menganalisa tanda-tanda yang diperoleh dari berbagai determinan tersebut untuk menentukan kondisi pasiennya.

          Bersama dengan metode diagnosa yang lain, pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh terhadap iris mata bisa memberian kepastian mengenai kebutuhan perawatan kesehatan orang yang bersangkutan.

           Iridology meneliti bentuk, warna, dan kwalitas jaringan mata. Juga struktur, bercak-bercak pigmen maupun perubahan-perubahan yang terjadi untuk mengidentifikasi tipe konstitusional seseorang. Setiap kelenjar dan oragan memiliki tempatnya pada peta di mata. Bercak-bercak gelap menunjukkan pemiliknya kurang bergerak, dan bisa juga mengindikasikan awal dari penyakit peradangan. Seseorang yang iris matanya jernih menunjukkan kesehatan yang prima. Munculnya warna-warna yang tidak semestinya memberi pertanda kemungkinan penggunaan obat-obatan yang telah mempengaruhi sirkulasi darah dan getah bening. Kepadatan atau densitas dan butiran dari struktur iris mata memberi informasi mengenai kekenyalan, vitalitas, dan kondisi umum dari jaringan tubuh.


Berkunjung ke Ahli Iridology

           Ahli Iridology umumnya membuka konsultasinya dengan mengambil foto mata pasien dan membuat analisa dari hasil cetakan fotonya. Kebanyakan juga akan mencatat penemuannya dalam bentuk diagram. nasehatnya akan berupa praktek kesehatan yang bersifat preventif atau mendukung melalui terapi nutrisi dan herba, pengelolaan emosi kejiwaan dan perubahan gaya hidup.

Daftar Pustaka

Seluk Beluk Pengobatan Alternatif dan Komplementer - oleh Tim Redaksi Vitahealth, Penerbit PT Buana Ilmu Populer - Jakarta 2006

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pendiri dan Arsitek sketsarumah.com
http://www.sketsarumah.com

NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

paling banyak dikunjungi minggu ini

www.sketsarumah.com