BELAJAR MENULIS
TULISAN yang ENAK DIBACA


DESKRIPSI
NARASI
EKSPOSISI
ARTIKEL


klik di sini --> :

Kamis, 21 Oktober 2010

Pengobatan Alternatif dengan Terapi Herbal, Tips menggunakannya

          Pengobatan Alternatif adalah setiap bentuk praktek pengobatan yang berada di luar bidang dan praktek pengobatan kedokteran modern. Pengobatan alternatif mencakup secara luas falsafah penyembuhan, pendekatan dan berbagai jenis dari teknik terapi. Sebagian besar dari cara pengobatan dan praktek perawatan kesehatan alternatif tidak di ajarkan di sekolah kedokteran. Contohnya, Naturopati, Homeopati, Akupuntur dan lain sebagainya.

         Salah satu terapi Pengobatan Alternatif adalah Terapi Herbal. Terapi Herbal sering disebut juga sebagai Herbalisme atau Pengobatan Botanikal. Pengobatan ini adalah menggunakan kemampuan 'herbal' untuk pengobatannya. 'Herbal' adalah
tanaman atau bagian tanaman yang memiliki nilai disebabkan kwalitas pengobatan, aromatik atau rasanya. Tanaman herbal menghasilkan dan mengandung berbagai unsur kimia yang berpengaruh terhadap tubuh.


Pengobatan Alternatif dengan Terapi Herbal ini di masa sekarang sedang mengalami 'booming'. Ini dikarenakan pengobatan kedokteran konvesional telah menuai efek samping dalam penggunaannya di masyarakat. Biaya pengobatan yang makin tidak terjangkau oleh kalangan yang berkantong tipis. Sampai-sampai ada anekdot, kalau kantong tebal silahkan berobat ke dokter, sedang kalau kantong tipis "mati aja !"
Di samping itu penyakit yang semakin bandel dan beragam, tidak dapat diusahakan oleh dokter untuk pengobatannya. Malah yang sering terjadi adalah kesalahan pengobatan (maal praktek) yang berakibat fatal.
Penggunaan antibiotik yang menyebabkan kuman-kuman penyakit bermutasi menjadi semakin ganas dan bandel. Efek samping pengobatan kedokteran konvesional sering lebih menakutkan daripada penyakitnya sendiri.

         Nah, pengobatan alternatif lah yang sekarang banyak diburu orang. Sekarang sakit sedikit yang pertama dicari bukan lagi neozep atau viks formula 44, tapi echinacea atau daun saga.
Apalagi penyakit yang berat seperti Kanker dan Diabetes, maka pengobatan alternatif bukan lagi menjadi alternatif tapi menjadi pilihan pertama.

Contoh iklan yang berlebihan misalnya, Jaminan Memuaskan (Satisfaction Guaranteed), Keajaiban Pengobatan, atau Penemuan Baru. :INGAT ! OBAT BUKAN UNTUK DICOBA-COBA, KALAU MEMANG AMPUH TIDAK PERLU BERTERIAK SELANTANG ITU.
        Terkadang orang sangat berlebihan dalam menggunakan pengobatan alternatif terutama terapi herbal. Tidak kalah juga apa yang dilakukan para produsen, dengan segala iming-iming khasiat beberapa obat herbal sangat berlebihan dicantumkan. Bisa menyembuhkan ini, bisa menyembuhkan itu. Daftar penyakit dalam kemasan obat herbal dibuat sangat panjang. Berbagai penyakit dicantumkan tanpa tedeng aling-aling.

Maka dari itu, berikut saya beri Tips bagaimana menggunakan dan berhati-hati terhadap terapi herbal. Tips ini saya ambil dari buku "Seluk Beluk Pengobatan Alternatif dan Komplementer" yang di susun Tim Redaksi VITAHEALTH (Iwan Hadibroto dan Syamsir Alam)  :

  1. Bila Anda dalam perawatan dokter, sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter Anda kemungkinan penggunaan Pengobatan Alternatif dengan terapi herbal yang akan digunakan. Walaupun dokter Anda tidak menyarankan, tetapi akan lebih aman jika dokter Anda tahu bahwa Anda akan mencobanya nanti. Siapa tahu dokter Anda mempunyai informasi yang berguna untuk menjadi pertimbangan Anda.
  2. Sebaiknya penggunaan pengobatan alternatif dengan herbal jangan terburu-buru karena prinsip kerjanya terkadang bertentangan dengan pengobatan konvesional. Misalnya terapi herbal akan membangkitkan gejala sebagai usaha penyembuhan sedangkan pengobatan konvesional kedokteran justru menekan gejala.
  3. Bila Anda tidak dalam perawatan dokter, sebelum menggunakan Terapi Herbal pelajari dulu manfaat dan kerugiannya. Walaupun tidak banyak informasi yang Anda dapatkan dari publikasi ilmiah, tapi Anda dapat menanyakan kepada mereka yang telah mencobanya. Setelah Anda yakin ingin mencobanya ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk memperoleh pendapat dari sisi lain (second opinion) sebagai kontrol.
  4. Jangan mudah terpengaruh oleh iklan atau promosi dari penyedia atau produsen herbal yang sering melebih-lebihkan produk mereka.
Contoh iklan yang berlebihan seperti:
  • Kata-kata menantang 
Misalnya, Jaminan Memuaskan (Satisfaction Guaranteed), Keajaiban Pengobatan, atau Penemuan Baru. INGAT ! OBAT BUKAN UNTUK DICOBA-COBA, KALAU MEMANG AMPUH TIDAK PERLU BERTERIAK SELANTANG ITU.

  • Semboyan pengobatan yang menyesatkan.
Banyak istilah-istilah yang terdengar meyakinkan, tapi tidak didukung dengan pembuktian medis yang dapat dipercaya. Miaslnya kata-kata ; MEREMAJAKAN & MEMBERSIHKAN (purify), PENETRAL RACUN (detoxify), MEMBANGKITKAN TENAGA BARU (energize) yang tidak jelas apa yang dimaksudkan dengan semua itu.

  • Menyembuhkan segalanya
Jangan percaya dengan produk atau cara penyembuhan yang disampaikan dapat menyembuhkan berbagai penyakit hanya dengan satu cara. Pada dasarnya manusia itu unik, sehingga terkadang ada obat yang cocok bagi seseorang, tetapi tidak cocok untuk orang lain. Walau gejala penyakitnya sama, tetapi penyebabnya berbeda (terapi herbal menyembuhkan dengan mencari sebab penyakitnya bukan meredam gejalanya).

  • Fakta anekdot
Pernyataan yang tidak mengandung data ilmiah yang dikaburkan dengan mitos lokal perlu diwaspadai. Misalnya, Khasiat Susu Kuda Liar yang dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit tertentu. Mungkin benar, tapi Kuda Liar yang mana ? Yang ternyata kudanya hanya makan rumput liar di padang rumput yang tidak jelas jenis rumputnya dan khasiatnya.

  • Pelajari dengan cermat 
Publikasi mengenai pengobatan herbal tersebut, apakah dimuat oleh media yang layak dipercayanatau media asal-asalan yang diragukan kredibilitasnya. Begitu pula bila Anda mencari informasi di internet, pastikan kredibilitas website yang memuatnya. Jangan terjebak oleh publikasi dalam website milik produsen obat herbal.

          Bila Anda sudah yakin, ingat bahwa penggunaan terapi herbal tidak cukup efektif bila hanya 'berjalan sendiri'. Umumnya terapi alternatif bersifat 'holistik' yaitu menyeluruh sebagai kunci sukses dari terapi. Contoh terapi herbal sebaiknya disertai dengan olah tubuh dan perubahan gaya hidup

         Selamat berherbal ! 

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola rumahjelajah.com
http://www.rumahjelajah.com

Daftar Pustaka
Seluk Beluk Pengobatan Alternatif dan Komplementer yang di susun Tim Redaksi VITAHEALTH (Iwan Hadibroto dan Syamsir Alam) - Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer


Habbah Sauda Minyak Al-Afiat (kapsul) Habbah Sauda Minyak adalah minyak alami yang diambil dari biji Habbah Sauda Habbasyah dengan Teknologi Cold Pressure sehingga terjaga khasiat dan kwalitasnya

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu ‘anha) bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727)

          Terkait dengan Habbatus Sauda' saya mempunyai pengalaman tersendiri. Pada sekitar tahun 2004 saya sudah memakai Habbatus Sauda'. Habbatus Sauda' di waktu itu belum berupa kapsul. Saya mendapatkannya dalam bentuk curah 'kiloan' yang masih berupa biji-biji an di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Untuk mengkonsumsinya, biji-biji an yang terkenal dengan nama lain Jinten Hitam itu saya makan begitu saja atau saya campur dengan madu. Terkadang pula saya hancurkan dengan blender dulu, sehingga Habbatus Sauda' menjadi bubuk yang setengah berminyak. Sejak mengenal Habbatus Sauda', Alhamdulillah saya tidak lagi meminum obat-obat kimia seperti Neozep, Ponstan, dan lain sebagainya. Penyakitpun jarang datang dikarenakan daya tahan tubuh saya mengalami peningkatan.Penyakit yang cukup parah yang saya derita adalah Sinusitis, inipun sekarang jarang kumat akibat sering mengkonsumsi Habbatus Sauda'.

          Alhamdulillah dengan makin tersebarnya informasi tentang Habbatus Sauda' masyarakat makin banyak yang mengkonsumsi Habbatus Sauda'. Dan sekarang sudah makin praktis pemakaiannya, ada dalam bentuk minyak yang bisa kita teteskan langsung ke mulut kita dan adapula dalam bentuk kapsul. Yang dalam bentuk kapsul ada dua jenis, yaitu kapsul yang berisi bubuk Habbatus Sauda' dan kapsul yang berisi minyak Habbatus Sauda'. Habbatus Sauda' dalam bentuk minyak tentunya lebih baik, karena lebih mudah diserap tubuh kita.

          Nah, kebetulan tetangga yang juga teman saya melakukan produksi Habbatus Sauda' ini dalam bentuk minyak yang dimasukkan ke dalam kapsul. Teman saya ini melakukan produksi herbalnya dengan menyewa (kontrak) rumah saya di lantai atas. Dia sudah mempunyai beberapa pegawai untuk menjadikan Habbatus Sauda' dalam kemasan kapsul dalam botol. Kalau Anda berminat silahkan pesan bisa melalui saya. Harga sama dengan harga produsen. Ada 3 macam kemasan :
  • Habbatus Sauda' Minyak kemasan isi 200 kapsul, dengan harga Rp 120.000,- 
  • Habbatus Sauda' Minyak kemasan isi 100 kapsul, dengan harga Rp 65.000,-
  • Habbatus Sauda' Minyak kemasan isi 60 kapsul, dengan harga Rp 43.000,-

Anda serius mau pesan ? Silahkan klik di sini

Silahkan berkomentar untuk menjalin persahabatan di dunia maya. Komentar Anda adalah kehormatan bagi saya. Marilah melatih kekayaan hati. Peristiwa biasa terkadang adalah sesuatu yang besar, sangat mendasar dan perlu dipersoalkan. 
Terima kasih telah menghentikan kesibukan Anda untuk berkunjung.

8 komentar:

  1. umumnya pengobatan alternatif itu mengiming-imingi sembuh dengan cepat, tapi khasiatnya belum tentu terjamin. meskipun sudah banyak yang sembuh dari pengobatan alternatif, sebaiknya pengobatan dengan dokter ahli sepertinya harus lebih di utamakan

    BalasHapus
  2. alternatif itu mengiming-imingi sembuh dengan cepat, tapi khasiatnya belum tentu terjamin.
    http://jualkapsulherbal.my.id

    BalasHapus
  3. Yang penting kita tidak lupa untuk berusaha dan berdoa...mau obat herbal, obat tradisional atau apapun klo udh harus dikasih kesembuhan ya sembuh z...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

posting terkait

STUDIO : DESAIN RUMAH

HANGGAR

STUDIO : DESAIN KERAJINAN

RUANG KESEHATAN